Minggu, 22 Maret 2015

#NGOMONGCORO 2 : Milih Jurusan Kuliah part 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat bertemu lagi dengan postingan #NGOMONGCORO yang absurd ini. sesuai janjiku minggu lalu aku akan membahas tips memilih perguruan tinggi. Ya begitulah setelah galau karena harus menghadapi ujian nasional yang notabenenya menentukan kelulusan kalian, kalian masih harus galau karena memilih kuliah yang akan kalian ambil. memilih kuliah sih susah susah gampang. Liat kan kata "susah"-nya aja ada 2, jadi bisa ngebayangikan gimana jadinya. Susahnya karena selain kalian yang memilih jurusan dan kampus yang cocok kalian pun akan dipilih oleh pihak kampus tersebut. Jadi kalian gak bisa sembarangan milih jurusan dan kampus yang akan kalian masukkin. 
Ya disini aku bakal ngebahas beberapa hal yang mesti diperhatiin jika ingin sukses milih kuliah. tips ini berdasarkan pengalaman pribadi, ya terserah sih mau percaya apa gak sama pengalaman orang absurd kaya aku.


1. Pilihlah Kampus dan Jurusan yang Benar Benar Ada

Kenapa ? Ya sudah jelas kalian gak akan bisa kuliah di kampus yang kampusnya aja gak ada. Begitu juga dengan jurusannya pastikan kalian memilih jurusan yang benar, jangan sampai kalian memilih jurusan yang salah kayak, Teknik kedokteran, Kedokteran Tumbuhan, atau bahkan sampai memilih jurusan Ilmu Hukum Karma. Satu pesanku, JANGAN SAMPAI. Mungkin bagi kalian yang sudah pernah nonotn film "Accepted" kalian akan tau maksudnya.

2. Pilihlah Sesuai keinginan dan kemampuan 

Oke, ini mulai serius. Kenapa ? karena dengan kalian memilih jurusan sesuai keinginan otomatis kalian kehilangan 1 alasan mainstream untuk tidak ngelanjutin kuliah yaitu "aku males belajar pelajaran A soalnya aku gak suka pelajaran A". jelaskan kenapa ? Selanjutnya sesuai kemampuan. Sama seperti sebelumnya, untuk mengurangi alasan. Gak akan ada lagi alasan "aku males belajar pelajaran B soalnya pelajaran A susah". Ya walaupun gak ada kuliah yang gak susah, tapi setidaknya kalian gak akan kesuliatan lebih parah karena memilih yang tidak sesuai kemampuan kalian.

3. Kampus dan Lingkungan

Mirip seperti di atas namun ini bahkan bisa jadi lebih krusial. ya gimana kalian bisa belajar dengan tenangbila lingkungannya saja tidak mendukung. Sebagai contoh kalian kuliah di universitas di kota A yang notabenenya kota tersebut sering terjadi perampokan , tawuran , atau pembegalan. sudah pasti kalian akan sulit nyaman di tempat itu dan akhirnya kenyamanan untuk belajarpun bisa terganggu.

4. Jangan ikut ikutan

sudah jadi rahasia umum kalo kalian pasti lebih seneng kalo kuliah bisa barenga lagi sma teman teman SMA kalian, sebaiknya sifat itu harus di hilangkan karena kalian bakal jadi mahasiswa, dimana itu udah beda banget sama siswa. kalian sudah harus bisa mulai memilih pilihan kalian masing masing. Toh nantinya kalian akan mendapat teman teman baru yang bahkan mungkin lebih baik dari teman kalian SMA. tapi bukan berarti aku ngelarang kalian memilih tempat yang sama dengan teman kelian, selama itu memang sesuai keinginan dan kemampuan kalian.

Ok, untuk sementara mungkin sampai sini dulu ya tipsnya, sisanya mungkin akan aku bahas minggu depan, kenapa ? alasannya ya aku udah cape ngetik hahaha...
ya cukup sekian semoga bermanfaat , terimakasih atas kunjungannya 

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar